Perbedaan Mesin Laser Dengan CNC Router

Perbedaan Mesin Laser Dengan CNC Router

Mesin CNC laser dan mesin CNC router adalah 2 jenis mesin yang sering digunakan dalam usaha advertising, mebel, manufaktur, hingga UKM kreatif. Kedua mesin ini secara umum digunakan untuk melakukan pemotongan suatu bahan material bertekstur keras secara cepat yang berjalan secara otomatis sesuai program yang telah diatur di komputer.  Saat ini masih banyak sekali orang yang bingung mengenai dua mesin tersebut karena memang terdapat beberapa kesamaan. Oleh karenanya, agar tidak bingung lagi dalam mengenalinya, pada kesempatan kali ini kami sajikan beberapa aspek perbedaan dari mesin laser dengan mesin CNC router berikut ini:

Komponen/ alat cuttingnya

Mesin CNC laser menggunakan sinar laser untuk pemotongan maupun pembentukan suatu objek. Sinar laser ini dihasilkan dari tabung gas CO2 yang dipantulkan dengan lensa pantul dan lensa fokus kemudian gerakannya diatur secara otomatis sesuai dengan data programnya. Suatu saat gas CO2 tersebut bisa habis, dan perlu diganti dengan yang baru. 

Sementara itu, mesin CNC router menggunakan media mata bor yang dipasang di kepala motor spindle yang juga bergerak otomatis sesuai settingan programnya. Seiring berjalannya waktu mata bor ini bisa aus (tumpul) atau bahkan akan patah apabila penggunaannya melebihi batas wajar/ bahan yang diproses terlalu tebal. Bila sudah aus, maka mata bor bisa diasah sehingga menjadi tajam kembali. Tak hanya itu, mata bor juga bisa ganti dengan berbagai macam jenis sesuai dengan material/ pola yang akan di proses.

Dari segi fungsinya

Perbedaan kedua terletak pada jumlah pergerakan axisnya. Mesin laser dibekali dengan pergerakan 2 axis yang dapat bergerak ke maju-mundur dan ke samping kanan-kiri. Pergerakan ini memungkinkan laser cutting dapat digunakan untuk proses cutting dan marking saja. Jika pun untuk fungsi engraver/ menggrafir hanya bisa menghasilkan grafir 2 dimensi.

Sedangkan CNC router memiliki 3 axis, yaitu ke arah maju-mundur, kesamping kanan-kiri, dan atas-bawah. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri dibanding dengan laser cutting. Karena selain bermanfaat untuk cutting dan marking, mesin CNC router juga mampu untuk menggrafir 3 dimensi yang tampak lebih nyata dan hidup.

Karakteristik hasil pengerjaan

Sudah sedikit disinggung di atas bahwa untuk membuat grafir mesin laser hanya bisa menghasilkan karya 2 dimensi saja. Akan tetapi, kemampuan memotong maupun membentuk ukiran 2D dengan laser cuttingnya tidak perlu diragukan lagi. Karena mesin ini mampu menciptakan sinar laser dengan diameter yang sangat kecil. Yaitu sekitar 0,02 mm sehingga dapat membuat hasil pemotongan maupun pembentukan bisa lebih halus, rapi, jelas dan tajam dibagian ujungnya. Lain halnya mesin cnc router. Karakteristik hasil cuttingnya tidak bisa tajam karena memiliki sudut potong yang berlekuk (round) mengikuti diameter mata bor yang digunakan. Akan tetapi juga masih bisa diantisiapi dengan penggunaan mata bor khusus yang berujung runcing.

Itulah perbedaan mesin CNC laser dengan mesin CNC router. Pada kenyataannya tidak ada kelebihan dan kekurangan ketika melihat perbedaannya. Karena masing-masing memiliki kegunaannya sendiri yang digunakan tergantung pada kebutuhan. Semoga bermanfaat!

Artikel