Apa Itu Mesin CNC Router? Apa Fungsinya?

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini ada begitu banyak alat-alat industri hadir untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan yang sulit, berbahaya, berulang-ulang serta yang membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Dengan teknologi mesin nan canggih ini pun, sekarang beberapa sumber daya manusia hanya berperan untuk mengoperasikan dan mengawasi penggunaan alat-alat tersebut saja. Seperti salah satunya yaitu pada mesin CNC router yang akan kami bahas kali ini.

Apa itu mesin CNC router?

Mesin CNC router merupakan alat yang fungsinya mirip dengan router genggam. Yang biasa untuk memotong berbagai material keras seperti kayu, akrilik, aluminium, dll. Hanya saja mesin ini jauh lebih modern karena menggunakan kontrol numerik komputer atau CNC (Computer Numerical Control), bukan dengan tangan. Sehingga hasil pengerjaan lebih konsisten, berkualitas dan tingkat ketelitiannya sangat tinggi, serta mengurangi pemborosan waktu dan frekuensi kesalahan. 

Apa saja fungsinya?

Secara umum, mesin CNC router memiliki 3 fungsi utama, yaitu:

  • Cutting (memotong).  Fungsi yang pertama adalah untuk memotong berbagai macam bahan secara cepat dengan hasil yang sangat presisi, sesuai dengan keinginan. 
  • Engraving (menggrafir). Fungsi selanjutnya adalah untuk menggrafir atau memahat kayu/ material lain dengan motif dan bentuk pola sedemikian rupa bahkan dengan tingkat kerumitan tinggi sekalipun secara cepat dan mudah.
  • Marking (membuat marka). Yang terakhir, mesin CNC router dapat digunakan untuk memberi tanda pada material yang biasanya dibutuhkan sebuah perusahaan atau industri sebagai acuan sehingga pengolahan material selanjutnya akan sesuai dan rapi. Selain itu, bisa juga berupa tanda agar orang lain dapat mengenali identitas perusahaan dengan mudah. 

Cara kerja mesin 

Dalam melakukan pemotongan, engraving dan marking, cnc router ini memakai mata bor yang terpasang pada kepala motor spindle yang bisa bergerak secara otomatis setelah diprogram di komputer. Mata bornya sendiri terdiri dari bermacam bentuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Suatu saat mata bor ini bisa aus (tumpul). Atau bahkan bisa patah apabila untuk material yang melebihi standar tingkat kekerasan bahan. Mata bor tersebut dapat bergerak ke arah kanan-kiri, maju-mundur, dan juga naik-turun karena cnc router memiliki pergerakan 3 axis. Dengan begitu, mesin ini dapat menghasilkan ukiran 3D dengan tingkat kedalaman pahat yang bisa diatur sesuai dengan gambar kerja. 

Demikian pembahasan mengenai mesin CNC router mulai dari pengertian, fungsi, dan cara kerjanya. Penggunaan mesin ini benar-benar meringankan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pengolahan kayu dan material lain untuk dijadikan furniture maupun dekorasi. Sebagai informasi, kami – Indorouterlaser.id membuka layanan jasa cutting cnc router berbagai macam material meliputi kayu jati, plywood, kayu mdf, ACP, akrilik, dan masih banyak lagi dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk informasi selengkapnya jangan ragu untuk menghubungi kontak kami sekarang juga! 

Artikel